Pengalaman Rekrutmen IT FGDP Pama 2022


Tahapan Rekrutmen FGDP IT Pama 2022


FGDP (Fresh Graduate Development Program) merupakan salah satu jalur bagi freshgraduate yang ingin memasuki pama PT.Pama. Saya mendaftar saat ada open di bulan juni, hingga proses akhir saya bulan september, jadi sekitar 3-4 bulan (termasuk cepat daripada kawan kawan lain yang saya tahu melalui group telegram) 

Pertama, apply bulan juni, lalu 1-2 minggu ada email lolos administrasi dan lanjut ke proses psikotes (semua info ada di email, silahkan cek berkala juga di spam).
Kedua, psikotes pama ada 4 bagian dalam 90 menit ( 2 figural / gambar gambar dan 2 bagian tentang hitungan dan sinonim antonim). untuk menurut saya yang lebih dari 3x mengikuti psikotes, psikotes pama termasuk yang tidak terlalu pusing dan sulit. Siapkan saja sinyal yang baik dan prefer menggunakan laptop daripada menggunakan Hp, karna akan kesusahan saat bagian figural.
Ketiga, setelah 1 minggu ada pemberitahuan lulus dan masuk ke proses interview psikolog, nanti kita suruh masuk group telegram untuk mempermudah info proses interview ini. Di interview ini kita bertemu langsung oleh psikolog untuk dinilai kepribadian kita, pengalaman saya saat interview disini tidak terlalu menegangkan dan kita diberi bamyak pertanyaan untuk melihat kepribadian kita dalam menghadapi banyak situasi. Sebaiknya persiapkan jawaban jawaban tentang diri sendiri dengan baik, walaupun disini dengan seorang psikolog yang bisa melihat kita bahwa apakah di buat buat engga nya wkwk. Nanti hasil ini akan di observasi oleh psikolog dan dilaporkan ke perusahaan.
Keempat, Setelah 1 minggu saya ada informasi Interview User , Nah untuk proses disini biasanya mulai berbeda prosesnya berdasar divisi yang kita daftar. Untuk Divisi IT / CIS ( saya mendaftar IT Officer Aplication) ada banyak tahap nih wkwk, dan sistem gugur. 

  • Motivation Skill and Technical Skill
Motivation skill berkaitan dengan motivasi kita dalam bekerja dan apa yang akan kita lakukan jika sudah diterima di PT.Pama.
Technical skill berisi dengan materi posisi yang kita daftar, disini saya berisi seputar website, pengembangan aplikasi android dan dasar dasar develop website seperti web service, bahasa pemrograman, mvc dll.

Untuk tahap ini diberi waktu 2 atau 3 hari untuk pengerjaan, lalu diserahkan di email.
  • Interview User 1 (Section Head pertama / atasan kita langsung nantinya)
Interview disini seperti interview biasanya, perkenalan dan menceritakan latar belakang pendidikan. interview pertama lebih ditekankan kepada kemampuan kita di dunia development. dan saya sempat diberi beberapa pertanyaan teknis, karna saya lebih tertarik back-end dari pada front-end, saya ditanya tentang pengaturan database. Pada setiap sesi interview, awal sesi pada meeting di Microsoft Team ada 3 orang (kita, user,dan moderator) saat berlangung kita hanya interview ber 2 selama 1 jam.
  • Interview User 2 (Section Head kedua / atasnya section head sebelumnya)
Setelah 1 minggu, proses selanjutnya interview kembali. disini saya lebih ditekankan kepada desain website. Saya disuruh menampilkan salah satu projek saya lalu di evaluasi bersama. pertanyaan lebih ke front-end dan menurut saya IT di tambang itu ngapain aja. interview disini lebih cukup lama yaitu 1 jam 30 menit.

  • Interview User 3 (Division Head)
Alhamdulillah masuk sampai tahap ini, namun mungkin karna interviewer sibuk sekali, kemarin info selanjutnya yaitu 2 minggu setelah interview 2 baru dijadwalkan. Interview disini lebih ringan dan hanya 30 menit, disini division head hanya menekankan motivasi dan semangat kerja saya, menunjukkan kondisi lapangan pertambangan (karena saya penempatan di site bukan di head office) dan memberi pertanyaan seputar bagaimana saya bertindak jika ada sesuatu terjadi di site. Disini kita boleh bertanya apa saja yang kita belum tau ataupun mau tau tentang pekerjaan atau site .

Kelima, akhirnya masuk ke proses MCU, agustus pertengahan saya di whatsapp oleh pihak pama untuk proses medical dan mengisi form form, dan kapan kesediaan siap medical (max 4 hari setelah saat dikabarkan).
Setelah itu kita di daftar ke prodia terdekat di domisili kita. 

Setelah 2 minggu, saya mendapat kabar hasil MCU, namun sayangnya saya ada hasil yang minor (leukositosis) sehingga harus FollowUp ke dokter spesialis dan diberi waktu 2 minggu. pengobatan ke dokter spesialis menggunakan uang pribadi, dan kita harus memberi surat keterangan dari dokter spesialis dan bukti pendukung (hasil lab). Dan saya tidak berhasil sembuh dalam waktu 2 minggu, meskipun ada progress bagus, saya tetap memberi progress kesehatan saya. Dan Akhirnya saya dinyatakan tidak lolos berdasar rekomendasi dokter spesalis di PAMA.

Sangat sedih sebenernya karna proses yang lama dan effort yang udah di kerahkan dengan sekuat tenaga dan sebaik baiknya, tetapi mungkin memang bukan rejeki saya. 

Buat para pejuang... Semangatt lalui semua proses sebaik baiknya !!



Post a Comment

0 Comments